• Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuhu,,

    ~*~ Pada Hari 'Arafah ~*~

    Disebutkan dalam Hadits berikut:
    Kebanyakan do'a Nabi Shallallahu 'alaihi wassalam. pada hari 'Arafah ialah di tempat wukuf. Sabdanya: "Wahai Tuhan, bagi-Mulah segala puji sebagaimana yang kami katakan, tetapi jauh lebih baik daripada yang kami katakan. Wahai Tuhan, shalatku, hajiku, hidupku, dan matiku hanya untuk-Mu, dan hanya kepada-Mulah aku kembali, dan hanya milik-Mulah, wahai Tuhanku, semua peninggalanku. Wahai Tuhan, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, rasa bimbang dalam hati, dan segala kekacauan urusan (kubur). Wahai Tuhan, aku berlindung kepada-Mu dari segala keburukan yang dibawa oleh angin.." (HR. Tirmidzi)

    Penjelasan:
    Hari 'Arafah yaitu hari kesembilan bulan Dzulhijjah. Sejak terbenamnya matahari dan munculnya bulan tanggal 9 Dzulhijjah sampai terbenamnya matahari dan munculnya bulan tanggal 10 Dzulhijjah adalah saat-saat makbul untuk berdo'a.

    Pada hari 'Arafah Nabi memperbanyak do'a melebihi hari-hari lain selama masa haji di tempat wukuf, yaitu di padang 'Arafah. Hal itu beliau lakukan untuk menunjukkan bahwa hari tersebut mempunyai kelebihan dibanding dengan hari-hari lain pada musim haji. Kelebihan hari tersebut adalah makbulnya do'a di sisi Allah.

    Orang yang sedang berpuasa 'Arafah atau jama'ah haji yang wukuf di 'Arafah atau siapa saja orang Islam yang hidup pada hari itu, baik wanita yang sedang haid ataupun suci, mempunyai kesempatan yang sangat luas untuk memanjatkan do'a kepada Allah. Ia mempunyai kesempatan untuk memohon apa saja yang menjadi kepentingan dirinya, keluarganya, orang-orang yang dicintainya, ataupun seluruh kaum muslimin.

    Pada hari 'Arafah ini disunnatkan juga bagi orang yang tidak menunaikan ibadah haji untuk berpuasa. Jadi, pada hari ini kita dapat melakukan dua ibadah sunnah sekaligus, yaitu puasa 'Arafah dan berdo'a. Peluang emas yang datangnya setahun sekali ini hendaknya kita pergunakan untuk menambah kebajikan kita dan memohon kebaikan bagi orang-orang yang kita cintai, sebab orang-orang yang berdo'a pada hari itu mendapat jaminan dari Allah akan diberi rahmat dan pertolongan seperti yang diinginkannya.

    (Catatan ini bersumber dari Buku 73 Tuntunan Berdo'a Yang Makbul,)




    Lots of love:
    Salsabiila Marzuki